Kamis, 25 Agustus 2016

Cara Mencegah Nyeri Sendi Pada Saat Berolahraga

Penyakit Rematik - Rasa sakit pada sendi yang muncul selepas berolahraga tentu akan mengganggu kenyamanan. Bahkan bisa menggangu aktivitas kita sehari-hari. Kadang-kadang sakit sendi yang muncul selepas berolahraga menjadi salah satu alasan berhentinya seseorang bersenam. Penyebab sakit kemugkinan besar karena osteoartritis.

Sakit sendi atau osteoartritis biasanya lebih sering terjadi ketika anda menginjak usia di mana berlaku penipisan tulang pada sendi. Selain itu bisa juga disebabkan karena trauma atau penggunaan sendi berlebihan.

Tapi meski diserang sakit sendi bukan berarti anda harus duduk istirahat saja di tempat tidur dan memutuskan untuk tidak berolahraga atau bersenam. Sebab olahraga malah lebih efektif dalam mencegah sakit sendi. Dengan berolahraga -seperti angkat beban- boleh membantu meningkatkan kekuatan otot, sehingga akan menjaga kekuatan sendi anda.

Sakit sendi juga boleh anda cegah dengan melakukan peregangan (stretching) sebelum mula bersenam. Regangan yang boleh anda lakukan -misalnya; memainkan sendi tangan dan memainkan sendi bahu. Cara lain untuk mencegah sakit sendi adalah dengan memulakan sukan yang ringan terlebih dahulu, baru perlahan-lahan meningkat.

Namun apabila anda sudah terlanjur mengalami sakit sendi, cara pertama yang boleh anda lakukan adalah menggunakan ice pack atau kompres es. Ini boleh menghilangkan sakit secara cepat, asalkan anda melekatnya secara langsung pada daerah yang sakit. Kemudian diikuti dengan pengaplikasian memampatkan panas pada daerah yang sama untuk meningkatkan aliran darah ke kawasan tersebut.

Apabila sakit masih belum hilang juga, anda boleh mengambil Obat Rematik, Obat antinyeri seperti parasetamol, atau ubat-ubatan golongan NSAID seperti ibuprofen. Tapi ingat, jangan mengambil obat ini dalam jangka masa yang lama tanpa pengawasan dokter.

Sementara itu bahan alami seperti vitamin C juga boleh anda komsumsi guna mencegah sakit sendi selepas bersenam. studi juga menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi protein tambahan yang berasal dari binatang laut -seperti; ikan- boleh membantu mencegah sakit sendi selepas berolahraga.

Namun apabila anda kerap merasakan kesakitan sendi yang hebat, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk memastikan ada / tidaknya kelainan pada sendi anda. Semoga Bermanfaat:))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar